PENGUMPULAN DATA
PEMANTAUAN PROGRAM PAUD
Aspek/Komponen : Kelembagaan dan Administrasi
Nama Lembaga :
Alamat :
Responden :
Tanggal :
No
|
Aspek
|
Indikator / Sub Indikator
|
Hasil
|
Ket./Temuan
|
|
Ya/ada
|
Tidak
|
||||
I
|
Kelembagaan
|
1.
Ijin pendirian Paud/ akta notaris
|
|
|
No:
|
2.
Ijin operasional dari dinas
|
|
|
No:
|
||
3.
Papan nama
|
|
|
|
||
4.
Visi, misi dan tujuan lembaga
|
|
|
|
||
5.
Struktur/bagan organisasi lembaga
|
|
|
|
||
6.
No. Pokok Satuan Paud Nas./NPSN
|
|
|
No:
|
||
7.
Nomer Rekening Bank
|
|
|
No:
|
||
8.
Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
|
|
|
No:
|
||
9.
Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
|
|
|
No:
|
||
10. Sertifikat tanah
|
|
|
No:
|
||
|
|
|
|
||
II
|
Administrasi
kelembagaan
|
1.
Buku Induk
|
|
|
|
2.
Buku tamu
|
|
|
|
||
3.
Buku keuangan
|
|
|
|
||
4.
Buku Notulen
|
|
|
|
||
5.
Buku Inventaris
|
|
|
|
||
6.
Buku kegiatan
|
|
|
|
||
7.
Buku iuran
|
|
|
|
||
8.
Buku agenda
|
|
|
|
||
9.
Buku absen
|
|
|
|
||
10. Buku laporan perkembangan
|
|
|
|
||
11. Dll
|
|
|
|
PENGUMPULAN DATA
PEMANTAUAN PROGRAM PAUD
Aspek/Komponen : Tingkat Pencapaian Perkembangan
Nama Lembaga :
Alamat :
Responden :
Tanggal :
No
|
Aspek
|
Indikator / Sub Indikator
|
Hasil
|
Ket./Temuan
|
|
Ya/ada
|
Tidak
|
||||
A
|
Pengelompokan Usia
|
1.
Pengelompokan anak sesuai Permendiknas 58/2009
|
|
|
|
2.
Pengelompokan dalam pembelajaran/bermain
|
|
|
|
||
3.
Dasar/landasan pengelompokan
|
|
|
|
||
B
|
Pencapaian
Perkembangan
|
4.
Penanaman nilai agama dan moral
|
|
|
|
5.
Pembelajaran motorik kasar/halus
|
|
|
|
||
6.
Pembelajaran aspekkognitip
|
|
|
|
||
7.
Pembelajaran aspekbahasa
|
|
|
|
||
8.
Pembelajaran sosial-emosional
|
|
|
|
||
9.
Penambahan asupan gizi
|
|
|
|
||
10.
Pemeriksaan kesehatan
berkala
|
|
|
|
||
11.
Dll
|
|
|
|
PENGUMPILAN DATA PEMANTAUAN
PROGRAM PAUD
Aspek/Komponen : Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Nama Lembaga :
Alamat :
Responden :
Tanggal :
No
|
Aspek
|
Indikator / Sub Indikator
|
Hasil
|
Ket./Temuan
|
|
Ya/ada
|
Tidak
|
||||
A
|
StandarPendidik
|
1. Kualifikasi pendidikan/ijazah
|
|
|
SMA: ,Dip:
,S1:
|
|
2. Latarbelakangpendidikan
|
|
|
Pend …., non
pend…
|
|
|
3.
Kinerja/ semangatpendidik
|
|
|
|
|
|
4.
Rasio pendidik : peserta didik
|
|
|
1 : ...
|
|
|
5.
Tingkat kehadiran (%)
|
|
|
...........%
|
|
|
6.
Mengikutidiklat/workshop
|
|
|
Sudah :…...Belum:
…...
|
|
|
7.
Kesehatan pendidik
|
|
|
Sehat: ..Taksehat:
|
|
|
8.
Ketaatanpendidik
|
|
|
|
|
|
9.
Kerjasamaantarpendidik
|
|
|
|
|
a.
Kompetensikepribadian
|
10.
Perhatianpendidikterhadapanak
|
|
|
|
|
|
11.
Sikappendidiksesuainorma
|
|
|
|
|
|
12.
Pribadi yang berbudiluhur
|
|
|
|
|
b. Kompetensiprofesional
|
13.
Berkemampuanprofesional
|
|
|
|
|
|
14.
Memilikipemahamanpendidikan,
danpengasuhan
|
|
|
|
|
|
15.
Kerjasamadengan orang tua
|
|
|
|
|
c.
Kompetensipedagogik
|
16.
Berkemampuanmerencanakankegiatanpembelajaran
|
|
|
|
|
|
17.
Berkemampuanmelaksanakan proses
pendidikan
|
|
|
|
|
|
18.
Memilikikemampuanmelaksanakanpenilaian
|
|
|
|
|
d.
Kompetensisoaial
|
19.
Berkemampuandalamberadabtasi/
penyesuaiandiri
|
|
|
|
|
|
20.
Kemampuanberkomonikasi
|
|
|
|
|
B
|
Tenaga Kependidikan
|
21.
Kualifikasi pendidikan
|
|
|
Ijazah :
|
|
22.
Memilikikinerja/semangatkerja
|
|
|
|
|
|
23.
Prosentasekehadiran
|
|
|
…..%
|
|
|
24.
Aktifikut seminar/workshop
|
|
|
|
|
a.
Kompetensikepribadian
|
25.
Memilikijiwapengabdiandalamlembagapendidikan
|
|
|
|
|
b. Kompetensiprofesional
|
26.
Kemampuanmengatasimasalahteknisoperasional
|
|
|
|
|
|
27.
Berkemampuanmerencanakananggaranlembaga
|
|
|
|
|
c. Kompetensi
managerial
|
28.
Memilikikemampuandalammengkoordinasikan
PTK
|
|
|
|
|
|
29.
Berkemampuanmengelolasarpras
|
|
|
|
|
d. Kompetensisosial
|
30.
Memilikikemaampuanbekerjasamadenganberbagaipihak
|
|
|
|
PENGUMPULAN DATA
PEMANTAUAN PROGRAM PAUD
Aspek/Komponen : Standar Isi, Proses, dan Penilaian
Nama Lembaga :
Alamat :
Responden :
Tanggal :
No
|
Aspek
|
Indikator / Sub Indikator
|
Hasil
|
Ket./Temuan
|
|
Ya/ada
|
Tidak
|
||||
A
|
Isi
|
1. Lingkup kurikulum memuat lima aspek sesuai Permendiknas 58/2009. (agama/moral,
motorik, kognitif, bahasa, sosialemosional)
|
|
|
|
2.
Pendekatan pembelajaran menggunakan tematik
|
|
|
|
||
3.
Memiliki alokasi waktu/jadwal tiap
kali pembelajaran.
|
|
|
Tiappertemuan … menit
|
||
4.
Alokasi waktu/jadwal pembelajaran tiap minggu.
|
|
|
Satuminggu:.... kali
|
||
5.
Rasio pendidik dibanding denganpeserta didik
|
|
|
Rasio 1 guru : ....anak
|
||
6. Ada pengaturan jumlah anak tiap rombongan belajar
|
|
|
1 romb : anak
|
||
7.
Memiliki kalender pendidikan
|
|
|
|
||
8. Telah merumuskan visi,
misi, dan tujuan lembaga.
|
|
|
|
||
9.
Adakah peninjauan terhadap kurikulum yang digunakan?
|
|
|
|
||
10.
Dibentuk tim penyusun kurikulum
|
|
|
|
||
B
|
Proses
|
11.
Memiliki Rencana Kerja Harian (RKH).
|
|
|
|
12. Menyusun Rencana Kerja Mingguan (RKM).
|
|
|
|
||
13. Mempunyai Rencana Kerja
Semester (RKS).
|
|
|
|
||
14. Nyamankah suasana pembelajaran?
|
|
|
|
||
15. Pengintegrasian pembelajaran dengan aspek lainnya.
|
|
|
|
||
16. Pembelajaran bersifataktif, dan menyenangkan
|
|
|
|
||
17.
Ketepatan penggunaan metode.
|
|
|
|
||
18.
Ketersediaan APE cukup.
|
|
|
|
||
19. Penataan sentra/area bermain rapi dan menarik
|
|
|
|
||
20. Pembelajaran memanfaatkan lingkungan alams ekitar.
|
|
|
|
||
21. Dalam pembelajaran ada kegiatan pembukaan, inti dan penutup.
|
|
|
|
||
22.
Ada kgiatan parenting .
|
|
|
|
||
C
|
Penilaian
|
23. Melaksanakan teknik penilaian dengan baik.
|
|
|
|
24. Penilaian mencakup semua aspek (kesehatan, pengasuhan, pendidikan, dan perkembangan)
|
|
|
|
||
25. Penilaian dilakukan secara terprogram.
|
|
|
|
||
26. Komunikasi dengan orang tuaterjalin dengan baik.
|
|
|
|
||
27. Membuat laporan perkembangan anak kepada orang tua
|
|
|
|
||
28. Laporan disampaikan secara tertulis dan lesan.
|
|
|
|
||
29. Dapat memanfaatkan hasil penilaian untuk kemajuan
program
|
|
|
|
||
30. Melayani anak berkebutuhan khusus.
|
|
|
|
PENGUMPULA DATA
PEMANTAUAN PROGRAM PAUD
Aspek/Komponen : Standar Sarana Prasarana, Pengelolaan dan Pembiayaan
Nama Lembaga :
Alamat :
Responden :
Tanggal :
No
|
Aspek
|
Indikator / Sub Indikator
|
Hasil
|
Ket./Temuan
|
|
Ya/ada
|
Tidak
|
||||
A
|
Sarana dan prasarana
|
1. Tersedia sarana prasarana
yang layak anak
|
|
|
|
2. Sarana prasarana yang tersedia sesuai tingkat perkembangan anak.
|
|
|
|
||
3. Sarana prasarana memanfaat kan limbah/barang bekas.
|
|
|
|
||
4. Jumlah ruangan sesuai dan cukup dengan jumlah anak.
|
|
|
|
||
5. Luas lahan cukup untuk aktivitas anak (300 m2)
|
|
|
|
||
6. Ruang dalam cukup untuk aktivitas anak.(3 m2 per anak)
|
|
|
|
||
7. Rasio kamar mandi/WC dengan anak (1 : 20)
|
|
|
|
||
8. APE
sesuai kebutuhan anak.
|
|
|
|
||
9. Tersedia fasilitas istirahat
|
|
|
|
||
B
|
Pengelolaan
|
10.
Pengelolaan lembaga secara partisipatoris
|
|
|
|
11.
Managemen pengelolaan berbasis masyarakat.
|
|
|
|
||
12.
Terpajang visi,
misi dan tujuan lembaga.
|
|
|
|
||
13.
Visi, misi memberikan motivasi pada semua pihak.
|
|
|
|
||
14.
Ijin operasional lembaga.
|
|
|
|
||
15.
Administrasi data anak
|
|
|
|
||
16.
Administrasi data lembaga
|
|
|
|
||
17.
Administrasi keuangan
|
|
|
|
||
18.
Pengadaan/perawatan APE
|
|
|
|
||
19.
Pengadaan dan pemanfaatan media pembelajaran.
|
|
|
|
||
20.
Adakah mekanisme pengawasan dan evaluasi program.
|
|
|
|
||
C
|
Pembiayaan
|
21.
Pembiayaan program bersifat transparan.
|
|
|
|
22.
Pengembangan SDM menggunakan biaya investasi.
|
|
|
|
||
23.
Honor PTK menggunakan biaya operasional.
|
|
|
|
||
24.
Adakah kontribusi biaya operasional dari masyarakat.
|
|
|
|
||
25.
Adakah bantuan biaya investasi dari pemerintah.
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala/Pimpinan Lembaga
______________________________
NIP
|
|
Bejen, 2015
Penilik
Drs.
ROKHADI
NIP
. 19671128 2007011 006
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar